Industri sepeda sedang Booming di Amerika, khususnya sepeda listrik

• Angka pertumbuhan sepeda mencapai 2 digit, perbaikan baterai menjadi kunci lakunya sepeda di Amerika.

Semua bicara pemanasan global, kegemukan sampai surutnya ekonomi dunia. Di Amerika sendiri terjadi masa suram di bidang ekonomi dengan rontoknya perusahaan besar seperti bidang usaha pendanaan rumah tinggal yang dijadikan ajang spekulasi. Juni menjadi cikal bakalnya peningkatan harga minyak, bila dihitung harga bahan bakar pernah mencapai 2 kali lipat dari harga sebelumnya dan kembali turun. Tetapi harga minyak sudah naik dibandingkan kestabilan harga semula, membuat banyak orang berfikir kembali ke kendaraan hijau seperti sepeda.

Apa yang sedang membaik di Amerika. Disebuah pameran sepeda Sand Convetion Center, peserta pameran meningkat jauh mencapai 750 perusahaan dengan 23 ribu orang staf. Industri sepeda lainnya  sedang menikmati pertumbuhan 2 digit. Beberapa industri mengatakan, perusahaan mereka sedang meningkat mencapai 50% dibandingkan kuartal lalu.

Tidak saja sepeda baru, tetapi sepeda tua pun menjadi sebuah bisnis usaha. Dampaknya ke sektor lain seperti produksi ban dan minyak pelumas sepeda. Mereka yang memiliki sepeda tua, lagi ramai mengeluarkan kembali dari gudang. Sepeda yang pernah menjadi sarana rekreasi sekarang mulai dilirik untuk dijadikan alat transport masyarakat.

Industri baru seperti sepeda listrik juga ikut meramaikan pasar, misalnya produksi eBike yang membuat sepeda bergaya sepeda dan motor. Salah satu penemuan baru adalah teknologi sepeda dari Toshiba yang akan dipamerkan bulan depan. Dengan sekali charge dapat menempuh 25 mil, menariknya untuk charge ditempat khusus hanya 7 menit atau mengunakan listrik dirumah dengan waktu 30 menit.

Perusahaan Schwinn sangat menikmati pasar sepeda kali ini dengan merek eBikes. Sekitar 21 juta sepeda eBike telah terjual ke seluruh dunia dalam tahun 2007 saja. Ada perkiraan baru bahwa negara China akan menjadi pasar besar, dengan 1 unit sepeda parkir dirumah sampai tahun 2009 nanti.

Sepeda listrik menjadi hal dramatis dengan pertumbuhan yang langka untuk pasar US. Manager pemasaran eBike mengatakan dengan perbaikan pada teknologi baterai baru membuat sepeda eBike sangat efisien dan mudah digunakan. Setiap orang nantinya akan memiliki sepeda jenis ini, dan tidak perlu kendaraan lagi , katanya😉

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: